Selasa, 18 April 2017

'Holding Up The Universe' & How To Love Yourself

Goodreads

Judul: Holding Up The Universe
Penulis: Jennifer Niven
Bahasa: Inggris
Desain Sampul: Copyright Shutterstock, 2016
Penerbit: Penguin Books
Tahun Terbit: 2016
Halaman: 388 hlm
ISBN: 9780141357058
Rating-ku: 3 🌟🌟🌟 dari/5 🌟


Blurb:
Everyone thinks they know Libby Strout, but no one’s ever looked past her weight to see who she really is. Since her mum’s death, Libby’s been hiding, but now she’s ready for high school.
I want to be the girt who can do anything.
Everyone thinks they know Jack Masselin too-sexy, aloof and too cool for school. But Jack’s swaggering confidence is hiding a secret he must keep at all costs.
Be charming. Be hilarious. Don’t get too close to anyone.
Then Jack meets Libby. And their worlds change.
Because sometimes when you meet someone, the whole universe just comes into focus.

First Impression
Tahun lalu, aku excited banget pas pertama kali tahu buku ini akan rilis. Selepas baca buku pertama Jennifer Niven, ‘All The Bright Places’ (omaigat, aku belum bikin reviewnyaaa), aku nunggu-nunggu buku baru penulis ini karena tema-tema kehidupan remaja dan dewasa-muda yang dia angkat berbeda dari penulis-penulis teenlit luar negeri lainnya. Setelah tenggelam bersama kisah Finch dan Violet di ‘All The Bright Places’, dengan masalah hidup-mati mereka, aku enggak mau melewatkan ‘Holding Up The Universe’, karena aku jujur bener-bener bosen dengan novel teenlit dalam negeri/luar negeri yang begitu-begitu aja dari dulu. Yap, Niven menawarkan bumbu tema yang belum pernah aku baca sebelumnya. Mental illness. Neurological disease. Loss.

This is what I know about loss: It doesn’t get better. (1) You just get (somewhat) used to it. (2) You never stop missing the people who go away. (3) For something that isn’t there anymore, it weighs a ton. – Libby Strout.

Senin, 17 April 2017

'Lengking Burung Kasuari' dan Nostalgia Anak-anak


Goodreads: Lengking Burung Kasuari

Judul: Lengking Burung Kasuari
Penulis: Nunuk Y. Kusmiana
Editor: Sasa
Desain Sampul/Isi: Fauzi Fahmi/Nur Wulan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2017
Halaman: 224 hlm
ISBN: 9786020339825
Penghargaan: Pemenang Unggulan Sayembara Novel DKJ 2016
Rating-ku: 🌟🌟🌟🌟/4 dari 5 🌟

Blurb:
“Tukang potong kep sedang mencari kepala anak-anak.”
Aku bergeming. Tak merasa perlu gemetar seperti ketika pertama kali mengetahui kep itu artinya apa. “Ah, yang macam beginian cuma cerita omong kosong saja,” aku menyahut begitu dengan nada tak acuh.
Sendy jadi tersinggung. Ia mendelik, mengangkat kepalanya, dan memelototiku, “Baik, kalau tidak percaya. Coba saja kalau tidak percaya. Lihat akibatnya nanti.”
“Jembatannya sudah jadi. Tidak perlu lagi kepala anak-anak,” aku menantangnya.
“Perlu kepala anak-anak,” Sendy ngotot. “Tetap perlu.”
“Mau ditanam di mana lagi?”
“Di bawah jembatan. Memang mau di mana lagi?”
“Kenapa mau tidak takut sama dia?” tanyaku. “Kamu anak-anak juga, sama seperti aku.”
“Tidak sama. Tukang potong kep suka kepala anak-anak berambut lurus.”

First Impression
Aku hampir meninggalkan tokbuk Gramedia Kediri dengan tangan kosong hari itu. Sewaktu aku lewat di deretan dekat pintu keluar dan melihat buku ini, mataku langsung tertuju pada pojok kiri atas. Terdapat logo Pemenang Unggulan Novel DKJ 2017. Dengan semakin banyaknya buku-buku baru yang terbit, aku justru sering bingung untuk membeli mana yang worth to read, worth to spend. Akhirnya pilihanku jatuh pada buku-buku berlogo ini. Begitu aku baca blurb di atas, tentu saja aku hanya bisa membawanya menghampiri meja kasir.

Sekilas cerita buku ini benar-benar membawaku ke masa anak-anak, saat aku masih suka main masak-masakan, siang-siang ketika terik matahari panas, menolak perintah ibuk tidur siang. Bermain tak kenal waktu. Dan juga tukang potong kep. Sementara di daerahku punya julukan sendiri, tukang pek (Bhs. Jawa: ‘pek’ artinya memiliki/merebut/culik). Nah, enggak dinyana sebutannya mirip banget, cuma dibalik. Jadi, setiap kali dulu aku ngotot main terus di halaman rumah siang-siang. Pasti diancam dengan, “Nanti kamu digondol sama tukang pek, diikat, dimasukan ke dalam karung dan enggak bisa kembali ke rumah.

Penggambaran tukang potong kep di Lengking Burung Kasuari pun mirip banget. Menceritakan kehidupan anak-anak dari keluarga tentara yang tinggal di kompleks perumahan dinas (begitu yang kutangkap), penulis mencoba menghadirkan konflik anak-anak, keluarga, masalah-masalah domestik, hingga politik di buku ini. Tidak melupakan sentuhan tentang kehidupan di tengah-tengah keberagaman, Nunuk Y. Kusmiana menghadirkan ritme hidup keluarga tentara Indonesia yang senantiasa bersinggungan dengan masalah yang ada di tahun 1970 ini, ketika Irian Jaya bergabung dengan Republik Indonesia.

Jadi, apakah benar ini cerita thriller anak-anak seperti yang digambarkan blurb?

Sabtu, 15 April 2017

Six Degrees of Introduction With Exploreadme



 

...You've read the books
You've watched the shows
What's the best way no one knows, ye
Meditate, get hypnotized
Anything to take it from your mind
But it won't go...
You're doing all these things out of desperation
You're going through six degrees of separation...

Okay, okay, chill. Ini bukan postingan curhat selepas putus cinta, kok.
Belum kenalan kok udah mau pisah (yak, drama banget XD...)

Tapi, memang enggak ada yang lebih tepat untuk membuka posting ini selain sepenggal lirik lagu ‘Six Degrees of Separation’ milik The Script ini. Bukannya aku patah hati karena enggak dapet-dapet partner buat posting tema Berkenalan dengan BBI-ers Baru, bukaaan. Tapi lagu inilah yang pertama kali muncul saat aku hendak menulis hasil wawancara ala-ala-ku dengan salah satu BBI-ers. 1) Kalimat pertama lagu ini sudah nempel banget sejak pertama kali aku denger. Yap, karena ada kata ‘books’ di sana. 2) Lalu demi dalih efisiensi waktu, seolah semesta berkonspirasi, ternyata ada 6 pertanyaan resmi untuk sesi interview ini. Enggak nyambung? Jangan dipikirkan, sobat. 

FYI, Dunia Sofia (DS) baru pertama kalinya mewawancara, lho. Siapa sih sosok yang aku wawancara itu? Apakah vokalis grup band The Script? Daniel John O'donoghue? Dia BBI-ers angkatan berapa, ya, btw? LOL.

Okay, now Siriusly serious. Siapa sih tamu spesial itu? Sebelumnya, aku sudah mengenal tamu kita ini tapi di alam yang berbeda (hahaha). Bukan di dunia baca-membaca melainkan di alam tulis-menulis di platform Storial.Co. Jadi duluan mengenalnya dari tulisan-tulisannya. Dia adalah... *drumroll* Henny, pemilik blog buku Exploreadme Book Blog. Nah, selain itu dia juga salah satu punggawa genre science-fiction and thriller di Storial.Co (TKP pertama kita kenal), dia dikenal dengan karya-karyanya yang menantang logika dan keberanian seperti 'Custodivi Absconditum', 'Eidetiker' dan pernah menjuarai kompetisi cerpen science-fiction di Medium Serana24. Wah, seperti apa sih sosok BBI-ers bernomorkan 1603340 ini? Yuk yak yuk langsung aja...